(Bontang, 3 Agustus 2020) Pemerintah melalui PT. PLN meluncurkan program “Stimulus” guna mendukung ekonomi masyarakat ditengah masa pandemi.

Stimulus sendiri merupakan bantuan berupa keringanan tagihan listrik dengan cara membebaskan rekening minimum dan biaya beban para pelanggan PLN pasca bayar. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Donna Sinatra Manajer PLN UP 3 Bontang pada Senin 3 Agustus hari ini.

Ia menyampaikan bahwa Stimulus ini nantinya bisa dinikmati oleh pelanggan dengan tarif sosial, bisnis dan industri dari bulan Juli hingga Desember 2020 mendatang.

Latar belakang pemerintah dalam pemberian stimulus salah satunya adalah mendukung pemulihan ekonomi nasional yang diakibatkan oleh Covid-19, serta membantu pelaku usaha dan masyarakat untuk meringankan beban finansial yang disebabkan tekanan pandemi ini.

Donna Sinatra Manajer PLN UP 3 Bontang

“ini supaya para pelaku bisnis dan industri dapat melangsungkan kegiatan operasionalnya. Karena kemarin ditakutkan selama masa pandemi ini, pelaku usaha hanya melakukan penerangan saja. Karna takut kalau dioprasionalkan, rekening listrik yang digunakan itu masih dibawah biaya beban. Dengan adanya stimulus ini, diharapakan pelaku bisnis tetap berjalan bisninya dengan pemakaian real.” Tandasnya.

Pemebebasan rekening minimum bagi pelanggan PLN yang pemakaian energi listriknya dibawah ketentuan rekening minimum (40 jam nyala), diberlakukan bagi pelanggan golongan sosial, bisnis dan industri dengan daya 1.300VA ke atas.

Berikut tata cara mendapatkan program Token Listrik Stimulus Covid-19 melalui website, dengan cara:

  1. Buka alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus Covid-19 (token gratis/diskon).
  2. Masukan Id pelanggan/nomor meter.
  3. Kemudian token gratis akan ditampilkan di layar.
  4. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan Id pelanggan.

PLN juga menggunakan layanan WhatsApp untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik gratis dengan cara :

  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah satunya masukkan Id pelanggan.
  3. Token gratis akan muncul.
  4. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan Id pelanggan.

(kmf_rose)