(Bontang, 4 Agustus 2020) Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 kembali umumkan hasil perkembangan terbaru kasus corona di Kota Bontang. Hal ini disampaikan langsung oleh Bahaudin Kepala Dinas Kesehatan, didampingi Jamila Suyuthi Koordinator Komunikasi Publik dan Adi Permana Juru Bicara Gugus Percepatan.

Press realese yang disampaikan melalui video conference dari gedung command center tersebut mengumumkan layanan kesehatan di Puskesmas Selatan yang sudah kembali dibuka, dan sekaligus adanya penambahan 3 kasus baru di Kota Taman.

“Puskesmas Bontang Selatan yang kemarin sempat ditutup sudah mulai beroperasi kembali. Dan Alhamdulillah semua tenaga kesehatan termasuk dengan tracing nya sekita 102 orang, hasilnya semua sudah keluar. Dan Alhamdulillah hasilnya semuanya negatif.”

Kasus 2 balita yang beberapa waktu terkonfirmasi positif juga diberitakan hari ini sudah dinyatakan negatif.

Namun sebaliknya, 3 kasus baru kembali dikonfirmasi oleh tim gugus percepatan. Selanjutnya disebut sebagai Kasus 24BTG, 25BTG dan 26BTG.

Kasus 24BTG merupakan pedagang berusia 55 tahun yang sebelumnya menjalankan rapid test sebagai persyaratan melakukan perjalanan penerbangan, dengan hasil reaktif.

Sedangkan kasus 25BTG adalah mahasiswa yang memiliki riwayat perjalanan dari Jeddah melalui Jakarta. Sebelumnya, 25BTG sempat melakukan isolasi di Wisma Atelit Jakarta.

Dan untuk kasus 26BTG sendiri adalah warga Bontang yang hendak kembali ke Manado untuk bekerja. Namun saat melakukan rapid test hasilnya reaktif. Hingga akhirnya melalui swab test dinyatakan positif Covid-19.

Hingga saat ini Tim Gugus Percepatan belum bisa mengumumkan terjadinya transmisi lokal karena belum menemukan bukti keterikatan 1 kasus baru dengan kasus sebelumnya. Menurut Bahaudin, pihaknya juga selalu memeberikan notifikasi terhadap orang yang melakukan isolasi mandiri, terkait hal-hal yang boleh dan tidak dapat dilakukan guna mencegah terjadinya penyebaran.

PPID KOTA BONTANG